Rabu, 15 Agustus 2012

Khasiat Berbagai Jenis Makanan

Banyak makanan asli dari alam disekitar kita yang secara tidak sadar ada khasiat yang terkandung di dalamnya secara alami,

Secara tidak sadar makanan yang kita makan dan masuk kedalam perut kita, tidak hanya untuk mengenyangkan perut namun dibalik makanan yang kita konsumsi juga mengandunng berbagai khasiat atau manfaat bagi tuibuh kita. Berikut beberapa  jenis makanan sering dijumpai disekitar kita yang bermanfaat bagi keperluan tubuh kita:
1.      Pisang
Pisang merupakan sumber triptofan yang sangat baik dan membantu meninngkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Sarapan pisang dapat mencegah anda mengalami rasa lapar dan kelesuan sebelum makan siang. Selain itu. Pisang juga kaya karbohidrat yang diperlukan untuk penyerapan triptofan. Selain itu pisang juga berkhasiat menghilangkan gangguan pada dada, paru-paru dan batuk, mengobati luka ginjal dan kandung kemih,memperlancar buang air kecil, menambah hormone, memperkuat gairah seksual, melemaskan otot perur.
2.      Jus jeruk manis
Segelas jeruk manis juga bias menjadi peredam amarah. Campuran gula dalam perasan jeruk membuat batas-natas kesabaran lebih longgar dari yang seharusnya. Sehingga berguna untuk mengontrol  temperamen dan emosi negative lainnya.
3.      Semangka
Semangka hijau itu lebih mudah dicerna oleh lambung daripada mentimun dan sejenisnya,bahkan lebih mudah larut dalam unsure makanan lain bila bertemu dilambung, apabila dimakan dalam keadaan panas, amat bermanfaatsekali.bila dimakan keadaan dingin ada efek samping ringan yang bias dinetralisir dengan sedikit jahe dan sejenisnya.
4.      Jambu Biji
Semua jenis jambu sangat bagus  untuk lambung. Yang manis cenderung lebih stabil. Namun semua berkhasiaat menghilangkan mual, memperlancar air seni, memadatkan kotoran , mengobati luka usus, memberhentikan pendarahan seperti demam brdarah, seperti jambu biji merah dapat menurunkan demam.
5.      Pepaya
Buah peraya masak dan manis selain dapat menganyangkan perut juga banyak khasiatnya yaitu : dapat memperlancar metabolism atau dapat mengatasi wasir (ambeyen), mencegah kanker, nyaman dilambung, dan dapat menghilangkan pecandu rokok, karena papaya mengandung karbohidrat. Vitamin C, A, B1, Kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, air, karposide.
6.      Kacang almond
Almond banyak mengandung asam amino triptofan. Kacang ini hadir dalam daftar yang memiliki tingkat tertinggi asam amino. Ketika makan almond. Triptofan masuk keotak dengan cepat dan tingkat serotonin meningkat, sehingga bias menjauhkan amarah.
7.      Keju
Keju adalah sumber yang kaya protein, asam amino esensial triptofan dan karbohidrat. Dengan demikian, keju membantu meningkatkan mood dan menghilangkan sifat mudah tersinggung dan mudah marah.     
8.      Telur
Telur yang baik daripada yang lama. Di antara semua jenis telur unggas, telur ayam adalah yang baik.
      Ahli medis menegaskan, “Kuning telur dapat mengurangi dasa sakit, bias melegakan tenggorokan dan bronkus, batuk, luka paru-paru, ginjal , dan kandung kemih.bisa juga membantu proses pembakaran di bagian dada, bias memerlunak sisa makanan dan mengurangi ganjalan ditenggorokan.
9.      Madu
Rasulullah bersabda, “Barang siapa meminum tiga sendok madu dalam tiga pagi saja dalam setiap bulannya, niscaya ia tidak akan terkena penyakit berat,” (HR. Ibn Majah).
     Beliau juga pernah bersabda, “Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat: madu dan Al-Qur’an” (Ibn Majah dan Al- Hakim_
     Madu memiliki banyak kasiat. Di antaranya ialah:
a.    Dapat membersihkan kotoran yang terdapat dalam usus, pembuluh darah dan lainnya, dapat menetralisir kelembaban tubuh, baik dengan cara dikonsumsi maupun dioleskan, berguna sekali bagi mereka yang sudah lansia dan memiliki keluhan pada dahak atau yang metabolismenya cenderunnng lembab dan dingin.
b.    Melembutkan system alami tubuh, mengawetkan pasta atau makanan yang direndam dengan pasta, menghilangkan rasa obat yang tidak enak, membersihkan liver, memperlancar buang air kecil, dan cocok untuk mengobati batuk berdahak.
c.    Kalau diminum begitu saja atau dicampur dengan air putih, bias berguna mengobati sakit akibat giitan anjing gila atau akibat keracunan jamur. Bila dijilat saja bias menghilangkan dahak, mencuci lambung dan menyingkirkan kotorannya, bias juga menghangatkan tubuh secara stabil dan membuka penyumbat-penyumbat dalam tubuh. Kalau digunakan sebagai celak, akan mempertajam pandangan mata. Bila dioleskan kerambut , akan menghilangkan kutu dan ketombe. Kalau digunakan untuk past  gigi, akan memutihkan dan mengkilatkan gigi dan gusi, juga bias menjaga kesehatan gigi dan gusi. Bahkan buah-buahan yang direndam dalam madu bias bertahan hingga anam bulan lamanya.

Madu terbaik adalah yang paling jernih, yang putih dan tidak tajam, dan yang paling manis. Madu yang diambil dari daerah gunung dan pepohonan liar memiliki keutamaan tersendiridari pada yang diambil dari sarang biasa (Seperti madu hasil dari ternak lebah).



Terkait

Description: Khasiat Berbagai Jenis Makanan Rating: 4.5 Reviewer: Firman Wa Firli ItemReviewed: Khasiat Berbagai Jenis Makanan
Al
Mbah Qopet Updated at: 20.49

0 komentar:

Posting Komentar