Sabtu, 25 Agustus 2012

Tugas dan Peran Guru

Tugas dan Peran Guru

tokoniaga - Tugas dan Peran Guru Jabatan guru di kenal sebagai suatu pekerjaan profesional[1], artinya jabatan ini memerlukan suatu keahlian khusus. Sebagaimana orang menilai bahwa dokter, insinyur, ahli hukum, dan sebagainya sebagai profesi tersendiri maka guru pun adalah suatu profesi tersendiri. Pekerjaan ini tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang tanpa memiliki keahlian seperti guru. Banyak orang yang pandai bicara tertentu, namun orang demikian belum dapat di sebut sebagai seorang guru. Seorang guru yang professional harus betul-betul menguasai tentang seluk beluk pendidikan dan pengajaran serta ilmu-ilmu lainnya[2]Tugas dan Peran Guru
Tugas dan Peran Guru Dalam proses pengajaran di sekolah (di kelas) peranan guru lebih spesifik sifatnya dalam pengertian yang sempit yakni dalam hubungan proses belajar mengajar. Peranan guru adalah sekaligus sebagai pengorganisasian lingkungan    belajar dan    sebagai fasilitator belajar       (Thomas E. Curtis dan Wilma W Bidwell, 1977) - Sebagaimana dikutib oleh Oemar Hamalik -. Peranan pertama meliputi peranan-peranan yang lebih spesifik, yakni[3] :
1.      Guru sebagai Model
2.      Guru sebagai Perencana
3.      Guru sebagai Peramal
4.      Guru sebagai Pemimpin dan
5.     Guru sebagaipenunjuk jalan atau sebagai pembimbing kearah pusat-pusat belajar.
Tugas dan Peran Guru - Profil Guru yang ideal adalah sosok yang mengabdikan diri berdasarkan panggilan jiwa, panggilan hati nurani bukan karena tuntutan uang belaka, yang membatasi tugas dan tanggung jawabnya sebatas
dinding sekolah[4] Tugas seorang pendidik adalah menentukan topik pelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi anak-anak[5]Tugas dan Peran Guru.




[1]. Oemar Hamalik,(2) Proses Belajar Mengajar,  (Jakarta : Bumi Aksara, 2006) hlm. 117
[2]. Depag, wawasan Tugas guru dan Tenaga Kependidikan (Jakarta :  2005) hlm. 65
[3] . Oemar Hamalik.(3) Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. (Jakarta : Bumi Aksara, Cet, 7. 2008) hlm. 45.
[4]. Isjoni, op.cit. hlm. 21
[5] . Jaudah Muhammad Awwad. Mendidik Anak Secara Islami (Jakarta : Gema Insani  Cet. I. 1995) hlm. 26

Terkait

Description: Tugas dan Peran Guru Rating: 4.5 Reviewer: Firman Wa Firli ItemReviewed: Tugas dan Peran Guru
Al
Mbah Qopet Updated at: 01.05

0 komentar:

Posting Komentar