Senin, 03 September 2012

Berbagai Macan Landasan Belajar PAI

Berbagai Macan Landasan Belajar PAI

tokoniaga - Berbagai Macan Landasan Belajar PAISetiap usaha, kegiatan dan tindakan yang di sengaja ntuk mencapai suatu tujuan harus mempunyai landasan tempat berpijak yang baik dan kuat. Oleh karena itu, pendidikan islam sebagai suatu usaha membentuk manusia, harus mempunyai landasan kemana semua kegiatan dan semua perumusan tujuan pendidikan islam itu dihubungkan. Landasan itu terdiri dari sebagi berikut[1] :
Berbagai Macan Landasan Belajar PAI
a.       Al-Qur`an
Al-Qur`an ialah firman Allah berupa wahyu yang di sampaikan oleh jibril kepada nabi Muhammad SAW. Di dalamnya terkandung ajaran pokok yang dapat di kembangkan untuk keperluan seluruh aspek kehidupan melalui ijtihad. Ajaran yang terkandung dalam Al-Qur`an itu terdiri dari dua prinsip besar, yaitu yang berhubungan dengan masalah keimanan yang di sebut aqidah dan yang berhubungan dengan amal yang di sebut syari`ah.
Pendidikan, karena termasuk ke dalam usaha atau tindakan untuk membentuk manusia, termasuk ke dalam ruang lingkup muamalah. Pendidikan sangat penting karena ia ikut menentukan corak dan bentuk amal dan kehidupan manusia, baik pribadi maupun masyarakat.

b.      As-Sunnah
As-sunnah ialah perkataan, perbuatan ataupun pengakuan Rasul Allah SWT. Sunnah merupakan sumber ajaran kedua sesudah Al-Qur`an. Seperti Al-Qur`an sunnah juga berisi petunjuk (pedoman) untuk kemaslakhatan hidup manusia dalam segala aspeknya, untuk membina umat menjadi manusia seutuhnya atau muslim yang bertakwa. Untuk itu, Rasul Allah menjadi guru dan pendidik utama. Beliau sendiri mendidik, pertama dengan menggunakan rumah Al-Arqam ibn abi Al-Arqam, kedua dengan memanfaatkan tawanan perang untuk mengajar baca tulis, ketiga dengan mengirim para sahabat ke daerah-daerah yang baru masuk islam. Semua itu adalah pendidikan dalam rangka pemebntukan manusia muslim dan masyarakat islam.
Oleh karena itu sannah merupakan landasan kedua bagi cara pembinaan pribadi manusia muslim.
c.       Ijtihad
Ijtihad adalah istilah para fuqoha, yaitu berpikir dengan menggunakan seluruh ilmu yang di miliki ilmuan syari`at islam untuk menetapkan/menentukan suatu hukum syari`at islam dalam hal-hal yang ternyata belum di tegaskan hukumnya oleh Al-Qur`an dan Sunnah.
Berbagai Macan Landasan Belajar PAI



[1]  Zakiyah Daradjat, Dkk.(1) Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta : Bumi Aksara, 2008)     hlm. 19

Berbagai Macan Landasan Belajar PAI 
Daftar menu Baru :
Tgl Posting : 2 Agustus 2012
Oleh          : M. Firmansyah.

Terkait

Description: Berbagai Macan Landasan Belajar PAI Rating: 4.5 Reviewer: Firman Wa Firli ItemReviewed: Berbagai Macan Landasan Belajar PAI
Al
Mbah Qopet Updated at: 08.48

0 komentar:

Posting Komentar