Sabtu, 01 September 2012

Rahasia di Balik Keluarga SAKINAH

Oleh : Firman Wa Firli

Tgl Posting : 1 Sept 2012

Rahasia di Balik Keluarga SAKINAH - Banyak orang-orang yang mendambakan keluarga yang harmonis dan romantis, semua itu bisa diwujudkan namun tidak gampang dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan mahligai rumahtangga. Perlu adanya saling pengertian antara suami dan istri, serta kekompakan antara anggota keluarga. Namun yang paling utama dan pertama untuk mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warohmah ini terletak pada sosok peran seorang istri , dan ketentraman dalam rumahtanggapun terletak pada sosok seorang  istri. Karena seorang istri adalah tumpuan kasih dan sayang suami dan anak-anaknya sekaligus pemimpin keduanya dalammengatur dan memenaj kehidupan rumah tangganya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
“Seorang istri adalah pemimpin didalam rumah suaminya dan anak-anaknya, dan akan diminta pertanggungjawabannya atas kepemimpinannya”.
          Keluarga sakinah mawaddah warohmah akan terwujud karena kepandaian srorang istri dalam memberikan cinta kasih dan sayang terhadap keluarga, seperti halnya seorang istri haruslah memenui kewajiban dan hak-hak suami, banyaj para perempuan beranggapan bahwa terjadinya perceraian, perselingkuhan berawal dari suami, namun hal ini sangatlah keliru. Perceraian, perselingkuhan ini terjadi karena berawal dari para istri yang kurang memberikan pengertian, dan pemahaman terhadap suami. Agar keretakan dalam mahligai rumah tangga tidak akan terjadi atau suati keharmonisan ini terus terbina. Anas berkata bahwa sahabat-sahabat Rasul bila menikahkan anak-anak wanitanya dan siap dibawa pergi oleh suaminya, mereka berpesan dan memerintahkannya untuk melayani suami sebaik mungkin.
Rahasia di Balik Keluarga SAKINAH
Wasiat Ayah kepada Putrinya di Hari Pernikahan
Abdullah bin Ja’far bin Abi Tholib mewasiatkan anaknya:
1.      Jauhilah kecemburuan karena itu adalah kunci perceraian
2.      Berhati-hatilah terhadap gunjingan, itu bisa menyebabkan permusuhan.
3.      Berhias mata adalah seindah-indah perhiasan.
4.      Berdandanlah sebaik mungkin dan harumilah dirimu untuk suamimu.
Sebagai seoarang wanita atau istri hendaknya berpandai-pandailah menguasai hati, cinta kasih dan sayang dalam anggota keluarga, agar keharmonisan dalam rumah tangga terus mengalir sepanjang waktu. Karena seindah-indahnya perhiasan adalah wanita yang sholekhah yang didambakan setiap kaum laki-laki. Dalam khadis yang diriwayatkan HR.Nasai berbunyi
Rahasia di Balik Keluarga SAKINAH Dunia semua merupakan perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang shalikhah.”

Sumber :
1.       Abdul Hamid Kisyik “Bimbingan Islam Untuk mencapai Keluarga Sakinah”
2.       Mardhiyah AL-Munawwaroh” Metode Jadi Istri Shalekhah”


Terkait

Description: Rahasia di Balik Keluarga SAKINAH Rating: 4.5 Reviewer: Firman Wa Firli ItemReviewed: Rahasia di Balik Keluarga SAKINAH
Al
Mbah Qopet Updated at: 01.24

0 komentar:

Posting Komentar