Jumat, 17 Agustus 2012

Analisis Sosial jitu dengan metode SWOT

Bagaimana cara Analisis Sosial jitu dengan metode SWOT yang tepat...?
Coba perhatikan contoh dibawah ini.

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "India" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "pulau". 

Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, terletak di garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Karena letaknya yang berada di antara dua benua, dan dua samudra, ia disebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara). Terdiri dari 17.508 pulau, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat dan presiden yang dipilih langsung. Ibukota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di pulau Papua dan dengan Timor Leste di pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra. Setelah sekitar 350 tahun penjajahan Belanda, Indonesia menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II. Selanjutnya Indonesia mendapat tantangan dari bencana alam, korupsi, separatisme, proses demokratisasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan. Semboyan nasional Indonesia, "Bhinneka tunggal ika" ("Berbeda-beda tetapi tetap satu"), berarti keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi besar dan wilayah yang padat, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

            Jadi, kata Indonesia berarti wilayah India kepulauan, atau kepulauan yang berada di India, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat.

Sejak tahun 1900, nama Indonesia menjadi lebih umum pada lingkaran akademik diluar Belanda, dan golongan nasionalis Indonesia menggunakannya untuk ekspresi politik.Adolf Bastian dari Universitas Berlin mempopulerkan nama ini melalui buku Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipels, 1884–1894. Pelajar Indonesia pertama yang mengunakannya ialah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), yaitu ketika ia mendirikan kantor berita di Belanda yang bernama Indonesisch Pers-bureau di tahun 1913

Kabupaten Jepara 1.037.000

Kabupaten Jepara, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa.

Geografis

Kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah, dimana bagian barat dan utara dibatasi oleh laut. Bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan.
Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yakni gugusan pulau-pulau di Laut Jawa. Dua pulau terbesarnya adalah Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Sebagian besar wilayah Karimunjawa dilindungi dalam Cagar Alam Laut Karimunjawa. Penyeberangan ke kepulauan ini dilayani oleh kapal ferry yang bertolak dari Pelabuhan Jepara. Karimunjawa juga terdapat lapangan terbang perintis yang didarati pesawat berjenis kecil dari Semarang

Potensi

Jepara dikenal sebagai kota ukir, karena terdapat sentra kerajinan ukiran kayu ketenarannya hingga ke luar negeri. Kerajinan mebel dan ukir ini tersebar merata hampir di seluruh kecamatan dengan keahlian masing-masing. Namun sentra perdagangannya terlekat di wilayah Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda. Selain itu, Jepara merupakan kota kelahiran pahlawan wanita Indonesia R.A. Kartini.
Potensi Kabupaten Jepara :
  • Industri Mebel Ukir Jepara. Industri ini tersebar luas di hampir semua kecamatan Jepara, kecuali Kecamatan Karimun Jawa
  • Kerajinan Patung & Ukiran. Sentra Kerajinan ini terdapat di desa Mulyoharjo Jepara. Di sana terdapat lebih dari 90 pengusaha di bidang kerajinan Patung dan Ukiran
  • Kerajinan Relief.Sentra Kerajinan ini terdapat di Desa Senenan, dekat Rumah Sakit Kartini Senenan Jepara.
  • Mebel & Kerajinan Rotan. Kerajinan rotan in terkumpul di Desa Teluk Sidi Jepara.
  • Tenun Ikat Troso (sarung, sprei, korden, bahan baju terbuat deri sutra dan katun). Sentra Tenun ini tersentra di daerah Troso, Pecangaan Jepara.
  • Kerajinan Monel
  • Kerajinan Gerabah Mayong
  • Pariwisata

Industri Mebel dan Kerajinan merupakan industri andalan kabupaten Jepara. Industri tersebut telah menjadi tulang punggung perekonomian Jepara. pariwisata Jepara memiliki banyak objek menarik yang dapat dikembangkan lebih baik lagi, diantaranya Pantai Kartini, Bandengan dan karimun jawa. karena keterbatasan APBD yang ada, maka pengembangan pun belum optimal. selain itu, yang saat ini menarik adalah wisata budaya dan wisata industri. industri mebel dan ukir jepara yang berbasis HOME INDUSTRI dan merupakan kerajinan tangan dapat pula dikembangkan menjadi wisata industri sekaligus wisata belanja produk kerajinan jepara.

Yang jadi pertanyan .
 Apakah  rakyat kita  makmur ?
Apakah  rakyat kita Sejahtera ?
Apakah  rakyat kita sudah  hidup harmonis?
Ataukah…………………
Masyarakatku menderita ?

1.      Permainan Ala penguasa
2.      APAKAH ANSOS ITU ?
Analisa : Mengamati.
Sosial               : masyarakat
n      Sebuah upaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang :
a)      Situasi sosial
b)      Hubungan struktural
c)      Kultural
d)      Historis
e)      Perekonomian
f)        Kesejahteraan masyarakat
Sehingga memungkinkan menangkap dan memahami realitas yang dihadapi.

3.      TUJUAN ANSOS
n      Untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat dengan metode-metode tertentu dan terarah.

4.      MENGAPA ANALISIS SOSIAL ITU PERLU ?
n      Identifikasi dan pemahaman masalah secara lebih seksama ; melihat akar masalah dan rating masalah.
n      Mendalami potensi kekuatan – kelemahan – peluang – tantangan yang ada dalam komunitas.
n      Membangun ukuran dengan lebih baik untuk kelompok yang dirugikan.
n      Membangun prediksi berupa tindakan – tindakan sebagai upaya untuk mengubah.

5.      Gambaran masyarakat
n      Masyarakat :
Individu                     Masyarakat sosial                    Norma

Example : Strata sosial
                        
                Elit                               Elit                                        Elit
1                                                                       

             Menengah                      Menengah                               Menengah


               Bawah                             Bawah                                   Bawah



Ciri-ciri masyarakat :
1.       Miskin
-
-
-
2.      Kaya
-
-
-

SIAPA PELAKU ANSOS ?
n      Ansos bukan milik kelompok tertentu
n      Ansos dapat dilakukan oleh siapapun
n      Ansos akan mempunyai makna yang dalam jika dilakukan oleh mereka [ terlibat langsung ] sehingga dimungkinkan terjadi proses transformasi kesadaran.

PARADIGMA ANSOS
n      Humanis           : Memenusiakan manusia
n      Strukturalis       : Masyarakat dengan penguasa.

APA PRINSIP ANSOS ?
n      Analisis sosial bukan suatu bentuk pemecahan masalah melainkan diagnosis yang bisa dijadikan acuan yang lengkap dalam pengambilan keputusan atau tindakan sebagai pemecahan yang tepat.
n      Analisis sosial tidak netral [ selalu berangkat dari komitmen ]

Bagaimana, sudah pahamkah tentang Analisis Sosial dengan Metode SWOT. selamat mencoba dan semoga berguna untuk menata pola fikir sahabat.

Terkait

Description: Analisis Sosial jitu dengan metode SWOT Rating: 4.5 Reviewer: Firman Wa Firli ItemReviewed: Analisis Sosial jitu dengan metode SWOT
Al
Mbah Qopet Updated at: 20.55

0 komentar:

Poskan Komentar