Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam Perspektif Umum
tokoniaga - Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam perspektif Umum - Terjadinya akselerasi perubahan pada era globalisasi ini,
setidaknya mampu membuka mata untuk melihat fenomena kemandegan dunia
pendidikan secara umum dan pendidikan islam pada khususnya dalam kerangka
mengantarkan dan membentuk manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa kepada
Allah SWT.
Permasalahan yang sering di jumpai dalam pembelajaran,
khususnya pembelajaran agama islam adalah bagaimana cara menyajikan materi
kepada peserta didik secara baik dan sistematis sehingga diperoleh hasil yang
efektif dan efisien. Disamping masalah lainnya yang sering di dapati adalah
kurangnya perhatian guru agama terhadap variasi penggunaan metode pambelajaran
dalam upaya peningkatan mutu pengajaran secara baik.
Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam perspektif Umum - Sebagai media refleksi ummat islam, harus di akui bahwa
dunia pedidikan islam masih di selimuti mendung dan aneka problematika yang
belum terurai dari masa ke masa. Di antara problematika dan indicator
kemandegan yang selama ini menghantui pendidikn islam adalah dalam hal
penerapan metode dalam proses pembelajaran. Berbagai pendapat dan komentar
tentang stagnasi dan ketidak efektifan metode pembelajaran agama islam pun
bermunculan. Armai Arif – sebagaimana dikutib oleh Ismail SM, M. Ag -
mengatakan bahwa persoalan – persoalan yang selalu menyelimuti dunia pendidikan
islam sampai saat ini adalah seputar tujuan dan hasil yang tidak sejalan dengan
kebutuhan masyarakat, metode pembelajaran yang statis dan kaku, sikap dan
mental pendidik yang dirasa kurang mendukung proses, dan materi pembelajaran
yang tidak progresif.[1] Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam perspektif Umum.
[1] Ismail SM. Strategi Pembelajaran
Agama Islam berbasis PAIKEM (Semarang
: Rasail media Group, 2008)
0 komentar:
Posting Komentar