Jumat, 17 Agustus 2012

Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam Perspektif Umum

Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam Perspektif Umum

tokoniaga - Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam perspektif UmumTerjadinya akselerasi perubahan pada era globalisasi ini, setidaknya mampu membuka mata untuk melihat fenomena kemandegan dunia pendidikan secara umum dan pendidikan islam pada khususnya dalam kerangka mengantarkan dan membentuk manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
Permasalahan yang sering di jumpai dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran agama islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada peserta didik secara baik dan sistematis sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien. Disamping masalah lainnya yang sering di dapati adalah kurangnya perhatian guru agama terhadap variasi penggunaan metode pambelajaran dalam upaya peningkatan mutu pengajaran secara baik.
Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam perspektif UmumSebagai media refleksi ummat islam, harus di akui bahwa dunia pedidikan islam masih di selimuti mendung dan aneka problematika yang belum terurai dari masa ke masa. Di antara problematika dan indicator kemandegan yang selama ini menghantui pendidikn islam adalah dalam hal penerapan metode dalam proses pembelajaran. Berbagai pendapat dan komentar tentang stagnasi dan ketidak efektifan metode pembelajaran agama islam pun bermunculan. Armai Arif – sebagaimana dikutib oleh Ismail SM, M. Ag - mengatakan bahwa persoalan – persoalan yang selalu menyelimuti dunia pendidikan islam sampai saat ini adalah seputar tujuan dan hasil yang tidak sejalan dengan kebutuhan masyarakat, metode pembelajaran yang statis dan kaku, sikap dan mental pendidik yang dirasa kurang mendukung proses, dan materi pembelajaran yang tidak progresif.[1] Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam perspektif Umum.



[1] Ismail SM. Strategi Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM (Semarang : Rasail media Group, 2008)

Terkait

Description: Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam Perspektif Umum Rating: 4.5 Reviewer: Firman Wa Firli ItemReviewed: Problematika Metode Pembelajaran PAI dalam Perspektif Umum
Al
Mbah Qopet Updated at: 21.06

0 komentar:

Posting Komentar