Jumat, 17 Agustus 2012

Pentingnya Inovasi Metode Pembelajaran pada PAI

Pentingnya Inovasi Metode Pembelajaran pada PAI

tokoniaga - Pentingnya Inovasi Metode Pembelajaran pada PAI Esensi Pendidikan Agama Islam terletak pada kemampuannya untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa dan dapat tampil sebagai Khalifatullah fi al ardh. Esensi ini menjadi acuan terhadap metode pembelajaran untuk mencapai tujuan yang maksimal.
Pentingnya Inovasi Metode Pembelajaran pada PAISelama ini metodologi pembelajaran agama islam yang di terapkaan masih mempertahankan cara-cara lama (Tradisional) seperti ceramah, menghafal dan demontrasi praktik –praktik ibadah yang tampak kering. Cara- cara seperti itu di akui atau tidak membuat siswa tampak bosan, jenuh, dan kurang bersemangat dalam belajar agama. Jika secara psikologis siswa kurang tertarik dengan metode yang di gunakan oleh guru, maka dengan sendirinya siswa akan memberikan upan balik (feedback) psikologis yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran. Inilah yang Kurt Singer di sebut sebagai bentuk schwarzer paedagogi, pedagogi hitam. Indikasinya adalah timbul rasa tidak simpati siswa terhadap guru agama, tidak tertarik dengan materi agama, dan lama-kelamaan timbul sikap acuh tak acuh terhadap agamanya sendiri. Kalau kondisinya sudah seperti itu, sangat sulit mengharapkan siswa sadar dan mau mengamalkan ajaran-ajaran agama. Untuk mencapai harapan-harapan tersebut,  sikap inklusif para pemikir, pendidik agama, dan praktisi pendidikan sangatlah perlu. Keterbukaan untuk saling menerima segala apa yang di anggap baik dan terbaik untuk sebuah masa depan adalah saebuah keniscayaan. Tentunya keterbukaan yang di maksud bukan keterbukaan buta tanpa selektivitas.
Pentingnya Inovasi Metode Pembelajaran pada PAI - Mental inklusif, inovatif, dan kreatif dalam memilih dan memilah metode pembelajaran ini sejalan dengan semangat reformasi pedidikan yang bergulir. Semangat reformasi menghendaki adanya perubahan-perubahan mendalam dalam sistem pembelajaran. Diantaranya adalah bagaimana pembelajaran itu menguntungkan semua pihak, baik sekolah, guru, dan terutama peserta didik.[1] Pentingnya Inovasi Metode Pembelajaran pada PAI.



[1] Ismail SM. Strategi Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM (Semarang : Rasail media Group, 2008).

Terkait

Description: Pentingnya Inovasi Metode Pembelajaran pada PAI Rating: 4.5 Reviewer: Firman Wa Firli ItemReviewed: Pentingnya Inovasi Metode Pembelajaran pada PAI
Al
Mbah Qopet Updated at: 21.17

0 komentar:

Poskan Komentar