Minggu, 21 Oktober 2012

Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 Bulan


Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada 
Usia 10-12 Bulan
tokoniaga - Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 BulanSaat bayi Ibu hadir di tengah-tengah keluarga tentu merupakan saat-saat yang membahagiakan bagi calon ibu dan bapak serta keluarga calon nenek kakek, tapi sekaligus juga membuat Ibu harus belajar hal-hal baru. Awalnya mungkin saja sulit, tapi jangan khawatir! Lama-lama Ibu akan terbiasa. Untuk membantu Ibu memahami setiap tahap perkembangannya, simak artikel-artikel dari Bebeclub di bawah ini. 
  • Saat Lahir
  • 1 Bulan
  • 2 Bulan
  • 3 Bulan
  • 4-6 Bulan
  • 7-9 Bulan
  • 10-11 Bulan

Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 Bulan

Jangan Sampai Terlewatkan Langkah dan Kata Pertamanya!

Di usia 10 - 12 bulan, si Kecil akan segera melangkahkan langkah pertamanya dan mengucapkan kata pertamanya. Kata-katanya mungkin belum lancar, dan langkah-langkah kaki mungilnya masih goyah, tapi dengan bantuan Ibu, dia bisa melakukannya.
Perubahan dari merangkak ke berjalan, dan bagaimana si Kecil mengucapkan kata yang benar-benar memiliki arti sangat menarik untuk diikuti. Karena peristiwa ini bisa terjadi di saat-saat yang tidak direncanakan, selalu sediakan kamera video di dekat Ibu. Don't miss these precious moments!

Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 BulanMakanan untuk Bayi 10-12 Bulan yang Makin Aktif

Karena aktivitasnya semakin banyak, bayi Ibu menjadi makin aktif. Ia membutuhkan lebih banyak energi dan kebutuhan gizinya pun berubah. Karena ukuran perutnya lebih kecil dari orang dewasa, si Kecil perlu makan makanan bergizi dan penuh energi dalam jumlah yang sedikit tapi sering.
Bayi 9 bulan ke atas sudah bisa mengambil makanannya sendiri dengan jarinya, bisa memindahkan dari tangan yang satu ke tangan yang lain, dan memasukkan makanan ke mulutnya. Saat berusia 10 hingga 12 bulan, dia bisa mengunyah dan menelan lebih baik. Gigi anak juga mulai tumbuh lebih banyak dan mulai bisa menyendok makanan dengan sendok.
Jangan hanya memperhatikan apa yang dimakannya, tapi perhatikan pula bagaimana si Kecil memakannya. Dorong bayi untuk makan sendiri dengan menggunakan tangannya, walaupun hasilnya pasti akan berantakan. Ini akan melatihnya untuk menjadi lebih mandiri di kemudian hari. Jadwalkan juga jam makan yang lebih teratur, agar ia bisa disiplin dan Ibu bisa mengawasi kecukupan gizi yang masuk.

Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 Bulan - Sekarang Dia Bisa Berdiri Sendiri!

Setelah merangkak di bulan-bulan sebelumnya, kini otot-otot kaki bayi Ibu semakin kuat. Dia mulai bisa mengangkat tubuhnya sambil berpegangan dan bangkit berdiri. Ibu bisa membaca gerak tubuhnya dan membantunya berdiri dengan memegangi tangannya.
Ini tidak terjadi secara begitu saja. Awalnya dia mungkin akan berdiri sambil berpegangan, lalu di hari lain mungkin mulai sedikit demi sedikit melangkah sambil tetap berpegangan, selanjutnya sambil terhuyung-huyung dia mungkin akan menghampiri tangan Ibu yang menantinya. Bayi Ibu sekarang sudah bisa berjalan sendiri! Langkah pertamanya adalah sebuah langkah besar menuju kemandiriannya. Persiapkan mental Ibu ya, karena mulai saat ini dia akan terus tumbuh besar dan tidak menjadi bayi mungil yang bergantung sepenuhnya pada Ibu lagi.
Tapi, jika bayi Ibu belum bisa berjalan, jangan cemas ya Bu, setiap bayi berbeda satu sama lain. Meskipun sambil tertatih dan terjungkal beberapa kali, hal ini tidak akan mencegah si Kecil untuk terus mencoba dan menjelajahi rumah. Bantu dia untuk melakukannya, agar dia dapat berkembang dengan baik.

Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 Bulan - Kontrol dan Koordinasinya Makin Baik

Ia sekarang mulai bisa mengendalikan pergerakan tangan dan jemarinya, menggenggam dan meletakkan. Karenanya ia senang sekali bermain-main dengan memasukkan benda atau mainan ke dalam wadah, lalu mengeluarkannya, dan melakukannya secara terus menerus.
Bayi Ibu juga mulai senang memperhatikan sesuatu, ia mulai tertarik dengan gerakan sebab-akibat. Misalnya saat main mobil-mobilan, ia akan memperhatikan putaran roda yang membuat mainannya itu bergerak.
Koordinasi antara mata dan tangannya juga semakin membaik, kini ia sudah bisa memegang sendoknya sendiri saat makan. Jangan khawatirkan keruwetan yang dia timbulkan, seperti meja makan Ibu yang akan berantakan dan dia mengotori bajunya. Nikmati saja semuanya ya Bu, karena ini akan melatih si Kecil untuk menjadi lebih mandiri. Ibu akan melihat hasilnya nanti, ketika ia sudah bisa melakukan semuanya dan pekerjaan Ibu menjadi lebih ringan.

Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 Bulan - Beri Dia Semangat untuk Terus Belajar

Betapa pun besarnya keinginan bayi Ibu untuk menjelajah dan melakukan sesuatu yang baru, kadang ia ragu dan tidak percaya diri untuk mencobanya. Dorong dan beri ia semangat, karena ia belajar banyak setiap saat dimanapun dan kapanpun.
Saat ia ragu atau takut untuk mulai belajar melangkah, bimbing tangannya, dan perlahan lepaskan agar dia bisa belajar melakukannya sendiri. Jangan lupa memberi pujian setiap ia berhasil melakukannya
Demikian Pemaparan tentang Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 Bulan, semoga Pemaparan ini bermanfaat untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi anda.

Terkait

Description: Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 Bulan Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Perkembangan dan Kemampuan Bayi pada Usia 10-12 Bulan
Al
Mbah Qopet Updated at: 21.51

0 komentar:

Posting Komentar