Selasa, 23 Oktober 2012

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan


Pertumbuhan dan Perkembangan 
Bayi Usia 4-6 Bulan

tokoniaga - Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 BulanSaat bayi Ibu hadir di tengah-tengah keluarga tentu merupakan saat-saat yang membahagiakan bagi calon ibu dan bapak, tapi sekaligus juga membuat Ibu harus belajar hal-hal baru. Awalnya mungkin saja sulit, Lama-lama Ibu akan terbiasa. Untuk membantu Ibu memahami setiap tahap perkembangannya, simak artikel-artikel dari Bebeclub di bawah ini. 
  • Saat Lahir
  • 1 Bulan
  • 2 Bulan
  • 3 Bulan
  • 4-6 Bulan
  • 7-9 Bulan
  • 10-11 Bulan

Bayi 4-6 Bulan

Wah, Bayi Ibu Hampir Bisa Duduk!

Dari hari ke hari bayi Ibu terus menunjukkan perkembangan yang begitu menakjubkan. Rasanya baru kemarin Ibu membawanya pulang, kini Ibu siap-siap untuk dikejutkan oleh berbagai perkembangan baru.
Sekarang bayi Ibu tumbuh semakin kuat, baik tangan, tubuh bagian atas, maupun otot lehernya. Apa saja yang bisa dilakukan bayi 4 bulan hingga usia bayi 6 bulan?
  • Belajar Merangkak: Ia sudah mampu menggunakan tangan untuk menahan berat tubuhnya saat dibaringkan tertelungkup. Ia juga sudah mulai belajar merangkak.
  • Belajar Berguling: Otot leher dan tangannya yang semakin kuat membuat si Kecil mulai belajar menggulingkan tubuhnya. Sebuah kemajuan yang akan membuat Ibu takjub. Berguling-guling bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi bayi Ibu, tapi membuat Ibu khawatir. Selalu awasi ya Bu, agar ia tidak terjatuh saat sedang berguling-guling.
  • Belajar Duduk: Di usia ini, bayi Ibu sedang berada di awal masa perkembangan yang benar-benar baru. Otot tangan dan lehernya semakin kuat. Mulai dari usia 3-6 bulan, Ibu sudah mulai bisa melatihnya belajar duduk, dengan meletakkannya di tempat yang aman dalam posisi duduk dan menopang leher dan kepalanya. Bisa dengan menggunakan bantal, atau meletakkannya di pangkuan. Bayi 6 bulan sudah bisa menahan dan menegakkan kepalanya, dan mendorongnya ke depan saat ia berusaha untuk duduk sendiri tanpa bantuan. What a moment!
Jika si Kecil belum bisa mengangkat kepalanya sedikitpun ketika usianya sudah lebih dari 3 bulan, ada baiknya membicarakannya dengan dokter. Beberapa bayi memang lebih lambat perkembangannya dibandingkan dengan yang lain. Jadi, tidak ada salahnya untuk bertanya pada ahlinya.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 BulanASI dan Makanan Tambahan untuk Bayi 4-6 Bulan

Ibu sebaiknya menyusui dan memberikan ASI eksklusif hingga bayi 6 bulan. Saat bayi Ibu sudah memasuki usia 6 bulan, Ibu pasti sudah berpikir untuk memberikannya makanan tambahan pendamping ASI. Selain karena kebutuhan nutrisinya semakin meningkat, pencernaannya juga sudah berkembang dan bisa diperkenalkan pada makanan padat pertamanya.
Proses pengenalan makanan tambahan ini adalah salah satu momen yang paling istimewa dalam tahap-tahap pertumbuhan bayi. Makanan padat ini membantu melatih otot mulut yang mendukung kemampuannya berbicara nanti. Selain itu, bisa juga sebagai cara untuk mengenalkan berbagai rasa dan tekstur baru makanan pada bayi. Ayo Bu, mulai perkenalkan sayuran agar bayi Ibu menyukainya, misalnya wortel, labu kuning, dan ubi manis. Rasa manis alami pasti akan disukai bayi.
Jangan lupa ya Bu, terus menjaga diet sehat agar produksi ASI tetap berkualitas dan lancar!

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan - Ia Sekarang Lebih Aktif Bergerak

Sekarang si Kecil sudah lebih bisa mengontrol tubuh bagian atasnya, ia mungkin sudah bisa duduk sendiri tanpa terjungkal. Otot leher, punggung, dan dadanya semakin kuat dan berkembang. Jangan meninggalkan bayi Ibu tanpa pengawasan, karena ia sekarang sudah bisa merangkak, duduk, dan berguling.
Hal yang perlu diperhatikan adalah saat mengganti popok. Ini bukan hal yang mudah lagi, karena ia selalu bergerak! Untuk mencegahnya jatuh, sebaiknya ganti popok di lantai yang diberi alas, atau di permukaan yang cukup luas dan tangan ibu selalu memegangnya. Jangan pernah meninggalkannya sedetikpun tanpa pengawasan lho Bu!
Untuk mencegahnya terjatuh saat tidur, sebaiknya pintu boks tidurnya dinaikkan lebih tinggi. Ibu bisa mengajaknya bermain-main di lantai, biarkan ia tengkurap, lalu letakkan mainan sedikit di luar jangkauannya. Ibu akan melihat betapa ia suka memamerkan kemampuannya berguling untuk meraih mainannya. Sambil bermain sekaligus melatih kemampuannya bergerak. Have fun, Mom!

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan - Ia Bisa Mencengkeram dan Melihat Lebih Baik

Kini, bayi Ibu sudah menemukan cara menggunakan tangan dan jemarinya lho Bu. Lewat aktivitas sehari-harinya, ia belajar mengambil mainan, mengayun-ayunkan mainan yang digantung, atau mencengkram benda-benda di sekitarnya. Refleks menggenggamnya perlahan berubah menjadi gerakan tangan dan jemari yang lebih terkendali. Mereka tidak lagi memasukan dan menghisap benda-benda di sekitar, tapi sekarang belajar dengan mengambil dan mengguncangkannya hingga menimbulkan suara.
Selain genggamannya, penglihatan bayi Ibu juga semakin membaik. Mereka bisa melihat secara fokus sampai sejauh jempol kakinya, makanya jangan heran kalau si Kecil mulai suka memasukkan kaki ke mulutnya! Di usia 6 bulan, ia bahkan sudah bisa melihat ke ruangan lain. Kini penglihatannya juga semakin jelas. Ia akan suka mengamati bentuk dan ukuran benda yang dipegangnya, warna-warna pun menjadi lebih jelas terlihat. Dorong perkembangannya melalui mainan berbagai bentuk, ukuran, dan warna-warna yang kontras.
Hal kecil yang perlu diingat, jika Ibu berambut panjang atau memakai kaca mata, ada baiknya untuk selalu mengikat rambut dan menjaga kaca mata Ibu dari jangkauan si Kecil.
Riset membuktikan, asam lemak esensial sepeti Arachidonic Acid (AA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) yang berperan penting dalam perkembangan penglihatan bayi Ibu, secara alami ada di dalam ASI. Jadi memasukkan bahan-bahan makanan yang mengandung zat gizi ini (misalnya telur, daging, dan ikan) dalam diet sehat Ibu, dapat membantu meningkatkan perkembangan penglihatan, otak, dan motorik bayi.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan - Mengenali Suaranya Sendiri

Usia bayi 4 sampai 6 bulan adalah saat-saat ajaib dimana dia berhasil mengenali suaranya sendiri. Bunyi-bunyi dan suara-suara baru akan keluar dari mulut mungilnya saat berceloteh, membuatnya semakin lucu dan menggemaskan. Ibu mungkin akan mendengar suara ‘MA’ atau ‘PA’ beberapa kali, tapi pada tahap ini bayi Ibu belum mengerti maksudnya, ia hanya melakukannya untuk bersenang-senang. Harap bersabar Bu, dia akan bisa mengucapkan MAMA dan PAPA pada waktunya.
Ia mungkin sudah mengenali namanya sendiri saat Ibu memanggilnya. Meskipun belum bisa diajak ngobrol dengan baik, tidak perlu malu dan ragu untuk mengajaknya berbicara ya Bu, karena ini bisa membantu perkembangan bicaranya.
Di tahap ini, mungkin suara terbaik yang akan Ibu dengar adalah suara tertawanya. coba kelitiki sambil bermain-main dengannya agar Ibu bisa lebih sering mendengarkannya tertawa. Ikut tertawa bersamanya, karena dengan tertawa akan memberikan dorongan yang positif bagi bayi Ibu untuk bergembira bersama.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan - Ia Belajar Banyak Hal

Ternyata, saat menjalani rutinitas sehari-hari bersama Ibu, bayi bisa belajar banyak lho! Ada banyak hal yang bisa Ibu lakukan untuk membantunya dalam proses belajar ini. Meski kelihatannya sepele, tapi sangat penting dalam mendorong kemajuan perkembangan bayi Ibu. Yuk, ajak ia bicara dan tersenyum sesering mungkin, meskipun ia belum bisa membalasnya. Ini akan membantunya belajar berbicara.
Ibu juga bisa memberikan mainan yang mengeluarkan suara untuk melatih otot tangan dan jari bayi Ibu. Suara gemericing yang keluar dari mainan akan membuat si Kecil terkejut dan tertawa. Atau, tidak ada salahnya membuat mainan sendiri dengan memasukkan butiran beras atau macaroni ke dalam wadah plastik yang bertutup. Pastikan tutupnya kencang untuk menghindari isinya tumpah.
demikian 

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan, semoga bermanfaat.

Terkait

Description: Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan
Al
Mbah Qopet Updated at: 21.28

0 komentar:

Posting Komentar